Minggu, 19 Februari 2012 | By: Zizi Ramzi

Pertemuan 2

Bahasa Pemrograman
Resume 2 :
1. Java Basic Programming
2. Compile n Running
3. Create Class
4. Variabel
Java Basic Programming

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.

Platform Independent

Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java. Berbeda dengan bahasa C dan C++, semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten di semua jenis platform. Source code program Java sendiri tidak perlu dirubah sama sekali jika Anda ingin mengkompile ulang di platform lain. Hasil dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu, melainkan berupa bytecode yang berupa file berekstensi .class. Bytecode tersebut dapat langsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut. JVM sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program Java dan mengeksekusinya, sehingga secara konsep bisa dianggap sebagai sebuah interpreter. Dengan cara ini, sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform mana saja, asalkan ada JVM di sana.


Compile n Running
Compile adalah sebuah proses memeriksa code yg kita buat benar atau salah lalu di terjemahkan code tersebut ke bahasa mesin.
Run atau Debug adalah proses memeriksa jalannya program apakah program tersebut sudah menghasilkan informasi yg sesuai atau belum.



Create Class
       Untuk membuat class sama sekali tidak sulit jika coding yang kita buat untuk menyusun sebuah program tidak ada yang salah.Karena hanya dengan 1 klik aja  class sudah terbuat. Class ini dibuat agar program kita bisa dijalankan dan di lihat seperti apakah hasil coding yang kita buat.
Variabel
  • Instance Variables (tidak statis).
Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya.
  • Class Variables (statis).
Variabel ini merupakan bagian integral dari suatu kelas, dan tidak ada satu objek pun yang dapat menyatakan kepemilikan atas variabel ini. Variabel yang dideklarasikan sebagai statis digunakan bersama oleh semua objek. Variabel ini lebih bersifat global yang nilainya sama untuk setiap objek pada kelas yang bersangkutan.
  • Local Variables
Variabel ini didefinisikan di dalam suatu metoda (method) atau dalam suatu prosedur. Variabel ini bersifat lokal karena hanya dapat diakses oleh metoda atau prosedur tersebut.
  • Parameter

Paramater atau argumen adalah variabel yang digunakan pada saat suatu metoda atau prosedur dipanggil. Parameter berguna untuk memberikan nilai awal untuk diteruskan (pass) ke dalam suatu prosedur atau metoda.


Pertemuan 1

Bahasa Pemrograman
Resume 1 :
1. Pengertian Komputer
2. Bahasa Pemrograman
3. Bahasa Mesin
Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara umum, komputer adalah piranti elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang terintegrasi yang bekerja dan melaksanakan suatu tugas berdasarkan data matematika dan logika. Komponen dan bagian-bagian utama dari komputer meliputi keyboard untuk memasukkan perintah, monitor untuk melihat proses hasil tugas, dan CPU atau central processing unit sebagai otak yang mengkoordinasikan berbagai instruksi dan hasil kerja.
               Selain itu juga ada beberapa bagian lainnya dari komputer yang berfungsi sebagai pendukung dan pelengkap, seperti mouse dan printer. Mouse berfungsi untuk mempermudah proses mengerjakan perintah melalui cursor atau pointer yang dapat digerakkan dan meloncat, sedangkan printer digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan komputer melalui kertas.
                
Jenis dan Kategori
               Perkembangan teknologi digital juga semakin menyempurnakan fungsi komputer dalam melaksanakan berbagai tugas dan pekerjaan. Kalau sebelumnya komputer didefinisikan sebagai pengolah angka aritmatika maupun data logika, namun kini semua jenis informasi dapat diolah oleh komputer. Dalam pengertian ini mungkin lebih tepat dikatakan bahwa komputer adalah pengolah informasi. 
               Ada beberapa jenis atau kategori komputer yang umum digunakan. Pembagian kategori ini tampaknya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang makin membutuhkan mobilitas tinggi dalam pemanfaatannya. Beberapa jenis dan kategori komputer itu meliputi : 
1.  Komputer Desktop
               Merupakan jenis komputer yang diletakkan di atas meja dengan masing-masing komponennya dibuat terpisah. Pada komputer jenis ini, pengguna atau konsumen dapat membeli perbagian komponen, seperti monitor, keyboard, ataupun casing CPU.
 
 
2.  Komputer Jinjing
               Komputer jinjing dibuat dalam ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dijinjing untuk dibawa kemana pun. Pada komputer jenis ini, komputer dibuat secara menyatu. Jenis komputer yang termasuk kategori ini adalah laptop, notebook, ataupun netbook.
3.  Komputer Tablet
               Komputer kategori ini dibuat dalam ukuran yang lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan komputer jinjing. Pada komputer ini tidak ditemukan adanya keyboard dan mouse, karena sudah diganti fungsinya melalui teknologi layar sentuh (touchscreen).
4.    Komputer Genggam
               Komputer genggam dibuat dalam ukuran yang jauh lebih kecil lagi, bahkan dapat digenggam dengan tangan. Namun berbeda dengan kategori komputer di atas, komputer genggam atau palmtop ini lebih sebagai perpaduan antara teknologi komputar dengan mobile phone. Beberapa produk kategori komputer genggam diantaranya adalah PDA dan smartphone.

Bahasa Pemrograman
Banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat kita pelajari dan sesuain dengan kebutuhan dan kemampuan kita seperti: Pascal, C, PHP, Delphi dan C++ Builder. Sebagian besar adalah kompiler yang berbasis Microsoft Windows.Bahasa pemrograman tidak lain adalah sebuah cara untuk berkomunikasi dengan mesin, dan mesin yang sedang kita tuju dan kita ajak untuk berkomunikasi adalah komputer. Terlepas dari tipe komputer tersebut, tentunya memerlukan bahasa yang menjembatani komunikasi antara anda sebagai manusia dengan komputer sebagai mesin. Mesin adalah mesin. Yang membuat mesin tersebut menjadi berguna adalah dengan memberikan instruksi kepadanya menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin.
Jadi pendek katanya adalah, sebenarnya semakin canggih mesin, semakin canggih juga bahasa pemrograman yang digunakannya. Mengikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah dan canggih, perkembangan bentuk dan ukuran mesin semakin lama semakin mengecil dibandingkan dengan pendahulunya. Ukuran tentunya bukan lagi masalah jika yang anda cari adalah fungsi. Karena walaupun perangkat keras teknologi informasi masa kini lebih kecil, tetapi sudah bisa dipastikan berfungsi lebih baik dan mutakhir. Begitu juga perkembangan bahasa pemrograman yang dibutuhkan oleh mesin tersebut.
Bahasa pemrograman tidak terlepas juga dari platform di mana bahasa pemrograman tersebut digunakan. Platform sistem operasi yang berkembang sekarang sudah mendukung bahasa pemrograman. Variasi nama, bahasa, dan mode bahasa pemrograman semakin banyak. Bahasa pemrograman pun sudah tersusun berdasarkan kategori tersendiri: bahasa tingkat rendah, tingkat rendah, dan tinggi. Semakin tinggi bahasa pemrograman tersebut, semakin mudahlah manusia untuk memahaminya.
Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang sudah menyerupai dengan bahasa manusia, antara lain: Pascal, C++, Java dan lainnya. Sebelum anda membuat program menggunakan bahasa pemrograman, adalah sangat baik untuk mengetahui dimana program yang akan anda buat tersebut digunakan, tipe pengguna, sistem operasi yang mendukung, dan persaratan sistem yang dibutuhkan. Jika sudah anda temukan, silakan anda pilih bahasa pemrograman apa yang anda kuasai dan kompiler apa yang anda butuhkan. Selanjutnya, jangan lupa juga anda menentukan dalam lingkungan apa anda akan membuat program anda. Misalnya, Aplikasi Console, Aplikasi Grafik atau Visual, Aplikasi Desktop atau Client Server, Aplikasi Web Server, atau aplikasi Mobile. Setelah semuanya komplit, anda bisa memulai untuk mengembangkan program anda menggunakan bahasa pemrograman yang anda pilih.
Sejarah terbentuknya Java kata beberapa pendapat berasal dari nama kota yang ada di Indonesia, dan ada juga beberapa pendapat yang menyatakan lain atau berbeda. Disini sejarah singkat awal mula nama Java.
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park.
Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai Star Seven. Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka.
Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.
Bahasa Mesin
Kode mesin atau bahasa mesin adalah sistem instruksi dan data yang dijalankan langsung oleh komputer central processing unit. Kode mesin dapat dianggap sebagai primitif (dan rumit) atau sebagai bahasa pemrograman tingkat terendah representasi dari disusun dan / atau program komputer rakitan. Program dalam menafsirkan bahasa  tidak diwakili oleh kode mesin tetapi, walaupun penerjemah mereka (yang dapat dilihat sebagai sebuah prosesor melaksanakan program tingkat yang lebih tinggi) sering terjadi. Kode mesin kadang-kadang disebut kode asli ketika mengacu pada platform-bagian dari bahasa tergantung fitur atau perpustakaan. kode Mesin tidak boleh disamakan dengan apa yang disebut “bytecode”, yang dilaksanakan oleh seorang juru bahasa.
Kode Mesin Instruksi
Setiap prosesor atau keluarga prosesor memiliki set instruksi kode mesin. Instruksi pola bit yang oleh desain fisik sesuai dengan perintah yang berbeda ke mesin. Set instruksi demikian khusus untuk kelas prosesor menggunakan (banyak) arsitektur yang sama. Penerus atau derivatif desain prosesor sering mencakup semua instruksi dari pendahulunya dan dapat menambah petunjuk tambahan. Kadang-kadang desain pengganti akan menghentikan atau mengubah arti dari beberapa kode instruksi (biasanya karena dibutuhkan untuk keperluan baru), kode yang mempengaruhi kompatibilitas sampai batas tertentu, bahkan hampir sepenuhnya kompatibel dengan prosesor mungkin akan menampilkan perilaku yang sedikit berbeda untuk beberapa instruksi tetapi ini jarang yang masalah. Sistem mungkin juga berbeda dalam rincian lainnya, seperti pengaturan memori, sistem operasi, atau perangkat periferal; karena biasanya program bergantung pada faktor-faktor seperti, sistem yang berbeda akan biasanya tidak menjalankan kode mesin yang sama, bahkan ketika jenis prosesor yang sama digunakan.
Sebuah set instruksi kode mesin mungkin memiliki semua instruksi yang sama panjang, atau hal itu mungkin karena panjang variabel-instruksi. Bagaimana pola diorganisir sangat bervariasi dengan arsitektur tertentu dan sering juga dengan jenis instruksi. Sebagian besar instruksi memiliki satu atau lebih opcode bidang yang menentukan jenis instruksi dasar (seperti aritmatika, logis, melompat, dll) dan operasi sebenarnya (seperti menambah atau membandingkan) dan bidang lain yang mungkin memberikan jenis operand (s) , mode pengalamatan (s), pengalamatan offset (s) atau indeks, atau nilai aktual itu sendiri (Operand konstan seperti yang terdapat dalam sebuah instruksi disebut immediates).

Program
Sebuah program komputer adalah suatu urutan instruksi yang dijalankan oleh CPU. Sementara prosesor mengeksekusi instruksi sederhana satu demi satu, prosesor superscalar mampu menjalankan beberapa instruksi sekaligus. Program aliran mungkin dipengaruhi oleh khusus ‘melompat’ instruksi yang mentransfer eksekusi ke instruksi lain dari yang di bawah satu. Lompatan bersyarat diambil (eksekusi berlanjut pada alamat lain) atau tidak (eksekusi berlanjut pada instruksi berikutnya) tergantung pada beberapa kondisi.
Bahasa Assembly
Yang jauh lebih mudah dibaca rendition of bahasa mesin, disebut bahasa assembly, menggunakan kode mnemonic untuk merujuk pada instruksi kode mesin, bukan hanya menggunakan instruksi “nilai numerik. Sebagai contoh, pada prosesor Zilog Z80, kode mesin 00.000.101, yang menyebabkan CPU untuk pengurangan prosesor B mendaftar, akan diwakili dalam bahasa assembly sebagai Desember B.