Rabu, 20 Oktober 2010 | By: Zizi Ramzi

DBMS

Database atau basis data, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga mampu diperiksa menggunakan suatu program komputer guna memperoleh informasi dari basis data tersebut. Adapun Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola serta mengolah query basis data disebut sistem Manajemen Basis Data (Database Management System, DBMS).

Dari pengertian ini dapat di jabarkan bila database ialah :
Ialah suatau representasi dari objek nyata di dunia yang terwakili dan direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan dan terorganisasir sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.
Kumpulan data yang tersimpan secara bersama sedemikian rupa dengan tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan tertentu.

Kegunaan data base

Karena database dapat dianoligakan sebagai lemari atau rak besar yang berisi data-data,maka memiliki berbagai fungsi atau kegunaan , dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas pengolahan data-data tersebut . berikut kegunaan database :

1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed)

2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)

3. Keakuratan ( Accuracy )

4. Ketersediaan (Availability)

5. Kelengkapan (Completeness)

6. Keamanan (Security)

7. Penggunaan secara bersama (Sharability)

Contoh Jenis – jenis software

Sebagai suatu basis data yang saling terkait dan tersimpan secara bersama , maka diperlukan suatu perangkat lunak untuk mengolahnya . dalam hal ini perangkat lunaknya mengacu terhadap sistem manajemen basis data (database management system/DBMS),berikut contoh perangkat lunak :
Microsoft Access
Visual FoxPro
MySQL
paradox
clipper

DBMS

Definisi

DBMS adalah Sistem pengorganisasian dan pengolahan data base pada komputer. Sistem ini dirancang untuk mampu melakukan berbagai data dengan beberapa referensi data yang sama. DBMS ini mampu diakses oleh berbagai aplikasi.
fitur-fitur unggulan dari DBMS
Relational Database Management System (RDBMS) yang mampu mengorganisasikan data dalam suatu struktur dan memaksimalkan proses kerja dalam menghubungkan antar kumpulan data yang disimpan dalam database.
Distributed Relational Database Management System (DRDBMS). Dengan DRDBMS memungkinkan informasi terletak pada baris data di lokasi yang berbeda (didistribusikan), dan direferensisilangkan, diperbaharui, dan akses dari semua lokasi, seolah-olah data tersebut berbasis data tunggal dan terpusat. Hal ini menyebabkan kumpulan data (fakta) yang saling terhubung tidak memerlukan pengulangan yang tidak perlu.

Keunggulan
Performance yang idapat dengan penyimpanan dalam bentuk DBMS cukup besar
Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS.
Independensi Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi
Sentralisasi Data yang terpusat akan mempermudah pengelolaan database. kemudahan di dalam melakukan bagi pakai dengan DBMS
kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebiih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar.
Sekuritas DBMS memiliki sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi..


Model – Model Database


Data base memiliki model atau jenis yang Dilihat dari proses pengorganisasian skema data databese , terbagi atas 5 model . yakni :

Database Jaringan

Konsep database yang memiliki kelompok level rendah yang dapat memiliki lebih dari satu kelompok yang lebih tinggi. Selanjutnya setiap kelompok level rendah dapat dimiliki oleh lebih dari satu record parent.


Database Relasional

Database Relasional bekerja dengan menghubungkan data pada file-file yang berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum.


Database Hierarkis

field atau record diatur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan, menyerupai diagram pohon, dengan level lebih rendah berada di bawah level yang lebih tinggi.


Database Multidimensial

Database Multidimensial (MDA) memodelkan data sebagai fakta, dimensi, atau numerik untuk menganalisis data dalam jumlah besar, tujuannya adalah untuk mengambil keputusan. Database Multidimensial menggunakan bentuk kubus meng


Database Berorientasi Objek

Model ini menggunakan objek sebagai perangkat lunak yang ditulis dalam potongan kecil yang dapat digunakan kembali sebagai elemen dalam file database. Database berorientasi objek adalah sebuah database multimedia yang bisa menyimpan lebih banyak tipe data dibanding database relasional.



DATA MINNING


DEFINISI

Data minning atau penggalian data adalah ekstraksi pola yang menarik data dalam jumlah besar . pola data tersebut tidak sepele, implisit, tidak diketahui sebelumnya, dan berguna. Pola yang disajikan haruslah mudah dipahami, berlaku untuk data yang akan diprediksi dengan derajat kepastian tertentu, berguna, dan baru.

Uratan pengoprasian data minning secara umum :
Pembersihan Data yaitu menghapus data pengganggu (noise) dan mengisi data yang hilang.
Integrasi Data yaitu menggabungkan berbagai sumber data.
Pemilihan Data yaitu memilih data yang relevan.
Transformasi Data yaitu mentransformasi data ke dalam format untuk diproses dalam penggalian data.
Penggalian Data yaitu menerapkan metode cerdas untuk ekstraksi pola.
Evaluasi pola yaitu mengenali pola-pola yang menarik saja.
Penyajian pola yaitu memvisualisasi pola ke pengguna

UnTu LinK Tekan disini

0 komentar:

Posting Komentar