Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir di seluruh aspek kegiata
Multimedia memang merupakan teknologi komputer yang sedang berkembang pesat, seiring dengan perkembangan komputer pribadi (personal computer). Ribuan perusahaan di seluruh dunia telah memanfaatkan teknologi multimedia untuk memasarkan produk perusahaan mereka. Jutaan programmer (pembuat program) membuat perangkat lunak multimedia berupa permainan. Juga untuk CAL/CAI (Computer Aided Learning)/(Computer Aided Instruction) program untuk belajar dengan bantuan komputer, baik matematika, fisika, memasak, merakit komputer, mempelajari jalan sebuah kota. Atau sekedar media penyampaian informasi seperti perumahan, hotel, pertokoan dan sebagainya. Teknologi ini memang merupakan salah satu teknologi yang paling populer di seluruh dunia, Amerika, Eropa, Australia, Asia, bahkan juga telah populer di Indonesia beberapa tahun terakhir. Saat ini kita telah menjadi saksi kemajuan sebuah teknologi mutakhir multimedia dan macromedia director berperan sangat besar pada perkembangan teknologi ini
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri – sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media pelatihan dalam sistem e-learning
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training
Pembangunan teknologi multimedia memberikan dampak yang amat besar terhadap pengajaran dan pembelajaran sama ada di sekolah, institusi pengajian tinggi, organisasi dan masyarakat umum. Teknologi multimedia ini didapati berkesan sebagai salah satu kaedah yang dapat mempertingkatkan pembelajaran dan motivasi terutamanya murid, mahasiswa dan pekerja.
Sebagai satu kaedah untuk memelihara kualiti pengajaran berasaskan multimedia, komponen penting seperti kandungan pembelajaran, jenis multimedia, reka bentuk pengajaran, animasi 3D, realiti maya, penghantaran multimedia dan juga khidmat sokongan perlu diambilkira. Animasi 3D dan realiti maya mempunyai potensi yang amat besar melepasi aplikasi di mana sekarang ini ianya tertumpu kepada kesan istimewa dalam filem dan permainan komputer.
For LinK CliCk Here
Be Smart n Intelligent
Menu
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
Popular Posts
-
System Development Life Cycle ( SDLC ) BUILD AND FIX MODEL Pengertian SDLC Untuk mengetahui salah satu dari model SDLC yait...
-
I. Data Warehouse Kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan non volatile untuk mendukung pros...
-
Konsep Pemodelan Data Warehouse A. Model Dimensional Menurut Kimball (2003, p16), Dimensional modeling adalah suatu metode d...
0 komentar:
Posting Komentar